Info Terbaru 2022

Contoh Soal Essay Pkn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Part-4

Contoh Soal Essay Pkn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta
Jawabannya Part-4
Contoh Soal Essay Pkn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta
Jawabannya Part-4
Melanjutkan tulisan Contoh Soal Essay PKN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya bab ke-3 (soal nomor 11-15), essay bab ke-4 berisikan bahan yang sama dengan soal dimulai dari nomor 16.

16. Jelaskan yang dimaksud dengan pertahanan dan keamanan!
Jawaban: pertahanan dan keamanan negara merupakan unsur pokok dalam menghadapi ancaman militer negara lain. Negara melibatkan warga negara dalam upaya pertahanan dan keamanan negara sebaai bentuk hak dan kewajiban warga negara dalam membela negara. Bela negara ialah segala perjuangan untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gannguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Hakikat pertahanan negara ialah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang pelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kwajaibanwarga negara serta doktrin pada kekuatan sendiri. Keamanan merupakan istilah yang secara sederhana sanggup dimengerti sebagai suasana “bebas dari segala bentuk ancaman bahaya, kecemasan, dan ketakutan”. Dalam kajian tradisonal, keamanan lebih sering ditafsirkan dalam konteks ancaman fisik (militer) yang berasal dari luar.

17. Jelaskan yang dimaksud dengan res communis!
Jawaban: Res communis merupakan konsepsi yang beranggapan bahwa bahari itu ialah milik masyarakat dunia sehingga tidak sanggup diambil atau dimiliki oleh masing-masing negara. Konsepsi ini telah dikembangkan oleh, Hugo de Groot (Grotius) dari Belanda tahun 1608 dalam buku Mare Liberum (Laut Bebas) alasannya ialah konsepsi inilah Grotius dianggap sebagai Bapak Hukum Internasional.

18. Sebutkan suara pasal yang mengatur wacana wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia!
Jawaban: Wilayah NKRI berdasarkan pasal 25A Undang-Undang Dasar 1945 ialah sebuah negara kepulauan yagn berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang. Wilayah NKRI berdasarkan pasal 18 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 dibagi atas daerah-daerah provinsi dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten dan kota itu mempunyai pemerintahan kawasan yang diatur dengan undang-undang.

19. Sebutkan bentuk-bentuk batas wilayah daratan!
Jawaban: batas wilayah daratan suatu negara dengan wilayah daratan negara lain sanggup berbentuk:
a. Batas alamiah, sepert sungai, danau, pegunungan, lembah, dan hutan
b. Batas buatan, menyerupai pagar tembok, patok besi, pagar kawat berduri, dan pos penjagaan
c. Batas secara geografis, batas berdasarkan geofisika, yaitu berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Misalnya batas geografis Indonesia ialah 60o LU, 110o LS, 95o BT dan 141o BT.

20. Jelaskan yang dimaksud wilayah ekstrateritorial!
Jawaban: wialayah ekstrateritorial ialah wilayah suatu negara yagn berada di luar wilayah negara itu. Menurut aturan internasional yagn mengacu pada Kongres Wina (1815) dan Kongres Aachen (1818), perwakilan diplomatik suatu negara di negara lain merupakan wilayah ekstrateritorial.

21. Jelaskan definisi negara sebagai organisasi politik!
Jawaban: Mac Iver dalam bukunya The Modern State menyatakan bahwa, negara sebagai organisasi politik merupakan suatu perkumpulan sosial yang mempunyai fungsi memelihara keteriban, menghormati kepribadian warga negara, melindungi rakyat, dan membuat kesejahteraan umum. Menurut pandangannya, negara sama dengan organisasi kemasyarakatan lainnya, yaitu melakukan kehendak anggotanya untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini membedakan antara negara dan organisasi kemasyarakatan (selain negara) bahwa negara dilengkapi kekuasaan tertinggi (kedaulatan).

22. Jelaskan pengertian negara berdasarkan Miriam Budiardjo!
Jawaban: definisi negara berdasarkan Miriam Budiardjo ialah organisasi kekuasaan atau integrasi kekuasaan politik, ia terorganisasi pokok kekuasaan politik

23. Sebutkan hakikat negara berdasarkan Miriam Budiardjo!
Jawaban: berdasarkan Prof. Miriam Budiardjo (1984), sifat hakikat negara meliputi hal-hal sebagai berikut:
a. Sifat memaksa
b. Sifat monopoli
c. Sifat meliputi semua (all-embracing)

24. Sebutkan teori negara berdaulat di udara!
Jawaban: Teori negara berdaulat di udara sebagai berikut.
a. Teori keamanan
b. Teori pengawasan
c. Teori udara

25. Jelaskan yang dimaksud pemerintahan yang  berdaulat!
Jawaban: pemerintahan yang berdaulat ialah penyelenggara negara yang mempunyai kekuasaan menyelenggarakan pemerintahan negara di negara tersebut. Pemerintah tersebut mempunyai kedaulatan ke dalam maupun ke luar.
Advertisement

Iklan Sidebar